Kamis, 01 Januari 2015

PERISTIWA PENEMBAKAN TERJADI DI DEYAI SAAT SIAP SAMBUT TAHUN BARU

Penembakan Terjadi Lagi di Kab. Deyai Sebagai Usaha Pengalihan Isu Terhadap Pembantaian Yang Dilakukan TNI & Polri Pada 8 Desember 2014


Orang Terlatih Khusus
SKTB- Deyai, sebagai upaya pengalihan Isu, kasus penembakan terjadi lagi di Deyai, 31 Desember 2014, pukul 11.15 WIT, oleh Orang Terlatih Khusus (OTK). Fokus penyambutan tahun baru pun berubah menjadi kepanikan karena dikawatirkan akan dilakukan penyisiran yang mengorbankan rakyat tak berdosa. Penyisiran yang slalu dilakukan Aparat dengan alasan pencarian OTK.

Hari ini hari pertama di tahun 2015. Semua orang menyambutnya dengan cara-nya masing-masing di tempatnya masing-masing. Banyak yang mensyaratkan untuk melupakan semua hal di tahun 2014. Sebagian orang mengambil waktu untuk refleksi, renung & doa dan bahkan ada yang melakukan hal negatif di tahun baru sesuai dengan keinginan mereka masing-masing.

Sementara, situasi rakyat di Papua, di beberapa Kabupaten justru tidak merasa aman. nyawa mereka sangat terancam. mereka seakan hidup di Negeri orang lain.

Setelah 8 Desember 2014 TNI & Polri menembak mati 4 siswa SMU, melukai 4 Siswa SD, melukai 2 siswa SMP, dan 16 mahasiswa/masyarakat/PNS, saat warga menyiapkan diri-nya untuk menyambut tahun baru, 31 Desember 2014, terjadi penembak di Kab Deyai tepatnya di Gakokebo, Distrik Tigi Barat oleh Orang Terlatih Khusus (OTK) dan mengenai seorang Anggota Polisi, Bribtu Arif. Menurut keterangan Aparat, OTK melarikan diri ke Dogiyai.

Anehnya, kejadian tembak oleh OTK tersebut tidak diketahui oleh Masyarakat. Dan bahkan Masyarakat dikagetkan dengan SMS yang beredar dan dari isu mulut ke mulut.

Sementara, di malam Natal, 24 Desember 2014, TNI masuk ke beberapa Gereja di Paniai dan membuat panik umat TUHAN di Gereja saat harus beribadah. keesokan hari, pada saat Natal, 25 Desember 2014, sebagian besar masyarakat tidak beribadah karena ketakutan.

Penembakan pada 31 Desember 2014, pukul 11.15 WIT, tentu hanya sebagai upaya pengalihan isu, agar ada legalitas bahwa peristiwa 8/12/2014, saat penembakan terjadi di Paniai, diisukan karena adanya penembakan sampingan oleh OTK. Sayangnya, skenario pengalihan isu ini harus mengorbankan seorang anggota Polisi. Skenario ini slalu dilakukan oleh aparat sebagai alasan kunci dan itu slalu dilakukan.

Untuk kasus 8 Desember 2014, Dewan Adat Paniai dengan tegas menegaskan kalau itu murnis kejahatan kemanusiaan yang dilakukan atas kesadaran oleh TNI dan Polri. Semua mengetahui kejahatan kemanusiaan itu sebagai upaya mempercepat punahnya orang asli Papua. Romo Manis Suseno dengan tegas menyesalkan kejadian kasus tersebut karena menurut Romo, kasus ini terus terjadi dan tidak hanya sekali.

Saat ini, Masyarakat yang berada di perbatasan Deyai, saat ini dinformasikan sedang panik, dikawatirkan akan ada penyisiran dengan alasan pencarian OTK. Rasa panik itu terjadi karena kebiasaan aparat, dengan alasa pencdarianb OTK, warga di sekitar penyisiran slalu disiksa dan diintimidasi bahkan rumah mereka dihancurkan. Kebiasaan ini selalu dilakukan di Papua. (***Stev)

2 komentar:

  1. Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI















    Saya ibu hayati ingin berbagi cerita kepada anda semua bahwa saya yg dulunya cuma seorang TKW di HONGKONG jadi pembantu rumah tangga yg gajinya tidak mencukupi keluarga dikampun,jadi TKW itu sangat menderita dan disuatu hari saya duduk2 buka internet dan tidak disengaja saya melihat komentar orang tentan MBAH KABOIRENG dan katanya bisa membantu orang untuk memberikan nomor yg betul betul tembus dan kebetulan juga saya sering pasan nomor di HONGKONG,akhirnya saya coba untuk menhubungi MBAH KABOIRENG dan ALHAMDULILLAH beliau mau membantu saya untuk memberikan nomor,dan nomor yg diberikan MBAH KABOIRENG meman betul2 terbukti tembus dan saya sangat bersyukur berkat bantuan MBAH KABOIRENG kini saya bisa pulang ke INDONESIA untuk buka usaha sendiri,,munkin saya tidak bisa membalas budi baik MBAH KABOIRENG sekali lagi makasih yaa MBAH dan bagi teman2 yg menjadi TKW atau TKI seperti saya,bila butuh bantuan hubungi saja MBAH KABOIRENG DI 085-260-482-111 insya ALLAH beliau akan membantu anda.Ini benar benar kisah nyata dari saya seorang TKW.. KLIK GHOB 2D 3D 4D 6D DISINI

    BalasHapus
  2. Harus TNI POLRI Menangani masah ini alasanya apa sampaii terjadi dan harus di klarifikasikan..

    BalasHapus